Software Pembuat Aplikasi Untuk Pemula

71 views 3:41 am 0 Comments October 17, 2021
Software Pembuat Aplikasi Untuk Pemula

Dalam pembuatan aplikasi, pasti tidak bisa lepas dari yang namanya software. Peran penting software tidak bisa diabaikan begitu saja. Bahkan aplikasi tidak bisa dibuat tanpa adanya software pembuat aplikasi tersebut. Saat ini banyak tersedia software dengan fitur dan keunggulan masing-masing, jadi seharusnya tidak sulit untuk menciptakan sebuah aplikasi.

Di era globalisasi dengan perkembangan teknologi digital yang begitu pesat, aplikasi sangat mendukung berbagai macam aktivitas. Sebagai contoh aplikasi dalam bentuk game, aplikasi belanja online, aplikasi informasi dalam bentuk berita dan masih banyak lagi. Semua aplikasi diatas tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari.

Untuk membuat aplikasi sejenis diatas yang berkualitas, tentunya juga diperlukan software yang berkualitas pula. Banyaknya software yang mudah ditemukan menjadikan kebingungan tersendiri dalam memilih salah satunya. Oleh karena itu, kami akan memberikan rekomendasi software terbaik untuk membuat aplikasi berkualitas, baik dari segi kemudahan maupun kelengkapan fitur nya.

Software Pembuat Aplikasi Untuk Pemula

Software Pembuat Aplikasi

Berikut ini merupakan daftar software pembuat aplikasi terbaik yang bisa anda gunakan tanpa adanya koneksi internet, alias offline!

Android Studio

Android studio pertama kali dikenalkan pada tahun 2013 oleh raksasa internet Google. Hingga saat ini sudah diperbarui hingga versi 4.1.1 dengan penambahan berbagai fitur menarik. Fitur tersebut tidak hanya dapat menghasilkan aplikasi berkualitas, namun juga memberikan kemudahan bagi pemakainya.

Software resmi dari Google ini menggunakan sistem berbasis Gradle yang dikenal fleksibel. Banyaknya template yang tersedia memungkinkan pembuatan aplikasi lebih cepat, hanya perlu sedikit memodifikasi dari template aslinya.

Eclipse

Software berikutnya yang bisa digunakan untuk membuat aplikasi yaitu Eclipse yang dikenal sebagai software multiplatform. Bahasa pemrograman utamanya menggunakan JAVA, namun jua didukung bahasa lain seperti PHP, C++, Phyton DLL.

Menariknya, anda bisa menggunakan software yang didukung penuh oleh Google ini secara gratis karena bersifat Open Source. Meskipun gratis, Eclipse menawarkan banyak fitur dan plugin menarik.

Xamarin

Software pembuat aplikasi yang bernama Xamarin lebih cocok digunakan jika anda sebelumnya sudah menguasai bahasa pemrograman C#. Software IDE (integrated development environment) yang satu ini terbagi menjadi dua, yaitu Xamarin studio dan juga yang sudah terintegrasi dengan visual studio.

Kelebihan utamanya dari antarmuka yang diberikan karena bisa dikatakan fleksibel sesuai dengan jenis platform yang dibuat. Sebagai contoh jika anda ingin mengembangkan aplikasi berbasis iOS, maka tampilannya bisa disesuaikan seperti XCode. Sebaliknya jika ingin membuat aplikasi Android, tampilan bisa dibuat seperti IDE Eclipse.

NetBeans

Sama halnya dengan Eclipse, NetBeans juga bersifat open source sehingga anda bisa menggunakannya gratis. bagi anda yang menguasai bahasa pemrograman JAVA, software dari Oracle ini dipastikan cocok digunakan. Namun sebelum menggunakan software yang satu ini, anda juga perlu instal JDK dan JRE pada perangkat yang sama.

Unity

Pada awal mula peluncurannya, mungkin anda hanya mendapati Unity yang bisa digunakan di perangkat MacOS. Namun sekarang sudah berbeda karena Unity juga bisa digunakan di semua platform, alias multiplatform. Software dari Unity Technologies ini lebih cocok digunakan untuk aplikasi jenis game. Namun bukan berarti tidak bisa digunakan untuk jenis aplikasi lainnya ya! Software yang dirilis pada tahun 2005 ini menggunakan banyak bahasa pemrograman, seperti Javascript, C#, PHP, DLL.

Penutup

Kelima daftar diatas merupakan software pembuat aplikasi terbaik dari kami. Untuk membuat aplikasi berkualitas, tentu anda membutuhkan skill dan menguasai bahasa pemrograman yang berkaitan. Bagi anda yang masih kesulitan untuk membuat aplikasi sendiri, silahkan menggunakan jasa pembuat aplikasi di majapahit.id.