Viral Marketing: Pengertian dan Kelebihan

Viral Marketing: Pengertian dan Kelebihan

Viral marketing merupakan cara memasarkan produk agar viral atau cepat tersebar dalam waktu cepat. Teknik pemasaran ini membutuhkan audiens organik sebagai promotornya, secara sukarela menginformasikan kepada orang lain. untuk info yang lebih lanjut kalian bisa mengunjungi www.bisnisman.id guna mendapatkan informasi mengenai marketing , misalnya seperti yang dibahas saat ini.

3 Kelebihan Viral Marketing dalam Bisnis

Pemasaran viral dikenal dengan nama word of mouth marketing, cukup efektif meningkatkan brand awareness. Semua bisnis bisa menerapkan strategi ini baik yang kecil maupun besar. Menggunakan media sosial sangat cocok untuk pemasaran ini, terdapat beberapa kelebihan viral marketing untuk bisnis diantaranya sebagai berikut. 

1. Hemat Biaya Iklan

Biaya iklan relatif tergantung media yang digunakan. Menggunakan media sosial cocok untuk Anda yang memiliki sedikit modal. Sebab bisa memilih promosi gratis, namun ada juga pemasaran berbayar menggunakan Instagram Ads, Facebook Ads dan lainnya. 

Viral Marketing: Pengertian dan Kelebihan

Meskipun begitu, tetap saja pemasaran viral menggunakan mulut ke mulut lebih murah dibandingkan promosi di majalah, koran ataupun televisi. Jika iklan berjalan sukses, keuntungan yang diperoleh sangat besar bahkan bisa menutupi modal awal. 

2. Meningkatkan Brand Awareness

Viral marketing sangat efektif meningkatkan brand awareness. Saat konten pemasaran berhasil viral, produk semakin dikenal masyarakat. Peluang mendapatkan konsumen pastinya lebih besar apalagi produk bermanfaat sebagai solusi untuk konsumen. 

Brand awareness penting sekali untuk kemajuan bisnis. Karena itu, perusahaan besar sangat memperhatikan hal ini agar selalu mudah mendapatkan konsumen. Selama nilai produk dan merek Anda bagus di masyarakat maka produk apapun yang Anda tawarkan bisa menarik minat pembeli. 

3. Berkesempatan Diliput Media

Kelebihan berikutnya produk ataupun brand Anda berkesempatan diliput oleh media sosial. Jika iklan berhasil,maka pebisnis tidak perlu repot mengeluarkan biaya beriklan di media sosial. Sebab media sendiri akan secara sukarela bekerja sama dengan pebisnis untuk mempromosikan produk tersebut.

Jadi, audiens memiliki inisiatif sendiri membagikan atau menyebarkan konten produk Anda. Maka, penting sekali membuat produk berkualitas, bermanfaat dan mampu memenuhi kebutuhan konsumen. Jika konsumen puas dengan produk, maka tanpa diminta mereka tetap akan membagikan konten tersebut dengan senang hati. 

Dilansir dari bisnisman.id itulah 3 kelebihan viral marketing untuk kemajuan bisnis Anda. Produsen perlu memahami karakteristik konsumen, apa yang sebenarnya mereka cari, format konten yang disukai serta kata kunci. Tanpa hal ini, konten produk bisa saja Anda buat tidak sesuai minat konsumen.

Viral Marketing: Pengertian dan Kelebihan
Scroll to top