Marmer Merupakan Jenis Batuan Metamorf, Kenali Ciri Lainnya

Batu marmer terbentuk dari proses batu kapur yang mengalami rekristalisasi. Corak yang ada di permukaannya secara asli terjadi sehingga tidak bisa diseragamkan. Motif ini dihasilkan dari pembentukan secara alami mengingat bahwa marmer merupakan jenis batuan metamorf. 

Serba Serbi Batuan Marmer

Alasan dari banyaknya batu marmer yang dipilih sebagai konstruksi dan hiasan rumah adalah karena memiliki tampilan sangat indah. Selain itu juga cocok digunakan menjadi bahan dekorasi bangunan sebab mudah sekali dipahat dan dipoles oleh Jasa Poles Marmer. Berikut beberapa serba-serbinya: 

1. Sebagai Bahan Konstruksi Bangunan

Batu marmer sudah terkenal mempunyai kegunaan dekoratif dan struktural dari suatu bangunan terlebih pada hunian kelas atas. Pasalnya jenis batuan ini bisa digunakan pada bagian interio maupun eksterior seprti dinding rumah, veneer dan lantai. 

Bahkan diantaranya sering menggunakan marmer untuk fitur dekoratif seperti tangga, jalan setapak dan berbagai hiasan di teras rumah. Dengan demikian, suatu rumah akan mendapatkan banyak sekali dekorasi rumah dengan batu marmer sebagai bahan utama penyusun untuk membawa kesan mewah. 

2. Sebagai Bahan Pembuatan Furniture

Dengan banyaknya jenis batu marmer yang ada, tentu membuat kegunaannya juga semakin beragam. Ada beraneka macam furniture bisa dibuat dari bahan dasar batuan ini mulai dari kursi, meja, jendela, guci dan lainnya. Tentu alasan utamanya karena memiliki sifat lunak dan mudah dipahat. 

Selain itu, batu marmer juga merupakan jenis batu alam yang tembus cahaya sehingga relatif lunak ketika menerima benturan. Patung-patung pada hunian mewah dan elegan maupun ornament seni pun seringkali menggunakannya.

3. Marmer Bisa Menjadi Bahan Pembuat Pupuk

Batu marmer yang dipanaskan mampu mengusir gas karbondioksida di dalam kalsit tersebut. Hal ini akhirnya hanya menyisakan kalsium oksida atau zat kapur di dalamnya. Senyawa ini dapat dijadikan sebagai bahan utama penyusun pupuk untuk lahan pertanian. 

Jika diterapkan bersama-sama dengan pupuk, maka hal ini akan meningkatkan kualitas hasil pertanian. Selain itu. penelitian oleh Agricultural Research Devise menyatakan bahwa sebagian dari ladang jagung yang tidak mengandung unsur kapur bisa membuat tanaman lebih berjuang bertahan. 

4. Sebagai Bahan Pembersih

Tidak hanya digunakan untuk mempercantik ruangan, ternyata batu marmer pun dapat digunakan menjadi bahan pembersih rumah. Batu ini terdiri atas kalsit yakni semacam mineral dengan kekerasan Mohs 3. Maka dari itu, sering dipakai sebagai untuk membersihkan ruangan.

Batu marmer yang  bersifat lembut tidak akan merusak lapisan dari bahan apa saja ketika sedang membersihkannya. Untuk itu, Anda tak perlu khawatir jika sedang menggunakannya sebagai cairan pembersih. 

marmer merupakan jenis batuan metamorf yang mengalami metamorfosis sehingga terbentuk secara alami. Selain itu, Anda tidak hanya bisa menggunakannya untuk keperluan konstruksi bangunan saja melainkan juga banyak hal seperti pupuk dan cairan pembersih.

Marmer Merupakan Jenis Batuan Metamorf, Kenali Ciri Lainnya
Scroll to top